Free JAPAN Cursors at www.totallyfreecursors.com
Dahsyatnya Potensi Diri: Kenapa Tidak Produktif??

My Campus ^_^

My Campus ^_^

Jumat, 10 Februari 2012

Kenapa Tidak Produktif??

Apa yang akan anda lakukan kalau anda punya waktu lebih dari 24 jam? mungkin anda akan lebih produktif. Sayangnya, waktu hanya berlangsung 24 jam sehari dan kurang lebih 8 jam di antaranya anda gunakan untuk tidur malam. Kalau anda juga bisa tidur siang, berarti dipotong lagi 2 jam tidur siang.

Hitunglah pula waktu untuk kehidupan sosial anda. kalau anda masih ingin hidup normal, maka anda musti menginvestasikan sekitar delapan jam untuk sekedar berinteraksi dan bersosialisasi dengan keluarga dan teman-teman anda. Artinya, bisa produktif selama 8 jam, bukan? di zaman kompetitif seperti sekarang, sangat mungkin anda bekerja selama 10-12 jam sehari.

Nahh, dalam hal ini lah anda harus mengetahui penyebab menurunnya  produktivitas, yaitu:

1. Mudah Tidak Fokus

Hal ini biasanya tergantung pada diri anda sendiri. adakalanya anda cepat tidak fokus ketika anda sedang melakukan sesuatu dan tiba-tiba ada cahatting atau telepon dari teman anda, maka anda pun tidak fokus apa yang sedang anda lakukan sebelumnya.

Jika anda anda adalah seorang yang mudah tidak fokus pada sesuatu, cobalah untuk menjauhi dari penyebab-penyebab nya. Matikan ponsel ketika anda sedang fokus mengerjakan pekerjaan. Atau carilah tempat yang bisa membuat anda dapat bertumpu pada fokus pekerjaan anda.
2. Gaya Hidup Tidak Sehat


Mungkin anda tidak menyadari bahwa anda menjalani gaya hidup yang tidak sehat seperti waktu tidur yang tidak cukup karena semalaman jalan-jalan keluar rumah. Apalagi jika anda bekerja sendiri sehingga tidak ada atasan yang menegur, maka Anda bisa bekerja kapanpun. Namun perlu anda ingat bahwa kesegaran dan kesehatan anda berkaitan erat dengan kemampuan fungsi otak anda. Jika badan anda tidak sehat, maka Anda pun susah untuk berfikir dan meningkatkan produktivitas.

3. Membenci Apa yang Dilakukan

Ketika anda tidak mempunyai keinginan atau minat yang mendalam mengenai apapun yang Anda lakukan, maka pekerjaan akan menjadi suatu tantangan yang berat. Anda menganggap pekerjaan itu sebagai tugas, bukan hal yang anda senangi. Akibatnya, adnda mempunyai bayangan perasaan malas, berat untuk melakukan pekerjaan itu dan tentu. Bahkan hasilnya pun tidak akan menjadi hasil yang terbaik buat anda.

4. Salah dalam Mengatur Prioritas

Mungkin anda pernah merasa sudah melaukakan pekerjaan seharian tetapi hasilnya tidak seberapa. Hal ini di akibatkan anda salah mengatur prioritas yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Ketika anda mengatur prioritas, maka hal ini berkaitan dengan pengaturan waktu sehingga anda bisa lebih produktif. Dalam sehari anda hidup 24 jam dan orang lain pun sama jam, tetapi kenapa orang lain bisa lebih produktif dibandingkan anda?
Jadwalkan proyek terpenting anda berdasarkan hari dan jam yang menurut anda paling produktif. Jika anda biasanya harus menghindari rapat pagi hari, misalnya sisihkan tugas yang membutuhkan banyak konsentrasi untuk dikerjakan sore hari.

hubungan baik dengan rekan kerjamemang perlu dijaga. Salah satunya yakni dengan memastikan diri anda mudah diakses oleh rekan kerja kapan saja dibutuhkan. Akan tetapi, kadang-kadang anda memerlukan waktu untuk diri sendiri. Ketika anda berada di bawah tenggat waktu yang ketat atau sedang mengerjakan proyek yang sangat penting, kurangilah gangguan dan intrupsi dengan menutup pintu atau menggantung tanda "jangan Diganggu" didepan pintu ruang kerja anda. Jika anda tidak memiliki ruang kerja pribadi, misalnya didalam kubikel atau sebuah ruangan luas bersekat pendek, kenakanlah headphone dan putar i-pod kesayangan agar oranglain mengerti anda tidak ingin di usik.

5. Terlalu Banyak Waktu Istrahat

Kadang-kadang anda tidak menyadari berapa waktu anda sehari yang terapakai untuk istirahat. Ketika anda sedang bekerja dan tiba-tiba ingin menghentikannya sejenak untuk mengobrol dengan rekan atau chatting dan sebagainya, mungkin tanpa disadari anda telah istirahat dan waktu anda untuk melakukan pekerjaan pun berkurang. Istirahat memang penting bagi anda, tetapi harus pandai mengatur batas waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar